JARINGAN KOMPUTER


Prinsip Jaringan Komputer

Jaringan komputer pada prinsipnya adalah hubungan antara beberapa komputer yang memungkinkan terjadinya komunikasi antar komputer tersebut. Jaringan komputer yang dimaksud bisa kecil (misalnya hubungan antara dua atau beberapa komputer dalam rumah kost mahasiswa untuk game), bisa besar (misalnya jaringan komputer bank) atau super besar (seperti internet). Komunikasi yang dilakukan bisa dalam berbagai bentuk misalnya transfer file, perintah akses dan lain sebagainya.

Fungsi Jaringan Komputer

Adapun fungsi dari jaringan komputer adalah sebagai berikut :

1. Data share. Data yang terdapat pada satu komputer dapat digunakan atau diproses juga oleh komputer lainnya. Dengan sistem jaringan, maka dapat dengan mudah komputer yang satu saling bertukar data dengan computer lainnya. Contoh meng-copy file MP3 dari komputer lain.
2. Software share. Program yang terdapat pada satu komputer dapat digunakan juga oleh komputer lainnya. Dengan software share, memungkinkan semua komputer terhubung dalam satu program.
3. Resources share. Penggunaan perangkat keras secara bersama-sama sehingga tidak memerlukan pemasangan setiap perangkat keras ke setiap unit komputer. Contohnya adalah penggunaan printer, scanner, atau kamera.

Topologi Jaringan Komputer

Topologi jaringan komputer adalah penggambaran secara fisik suatu jaringan komputer. Dalam jaringan komputer beberapa workstation yang dipasang akan terhubung ke komputer lain dengan menggunakan media transmisi. Oleh karena itu topologi dalam jaringan komputer adalah penggambaran secara fisik bagaimana suatu jaringan komputer dikonstruksi. Adapun topologi jaringan komputer dasar adalah Linear Bus Topology, Ring Topology dan Star Topology.

Linear Bus Topology

Topologi jaringan ini paling sederhana dibandingkan dengan topologitopologi yang lain. Topologi ini hanya memerlukan kabel yang relatif pendek dan susunan pengkabelannya juga sangat sederhana. Selain itu juga mudah dikembangkan. Jaringan ini pada dasarnya terdiri dari beberapa bus yang dipasang pada kabel secara bersama-sama. Jaringan dengan topologi ini apabila terjadi kerusakan akan sulit di diagnosa. Selain itu bus akan memikul beban penuh apabila lalu lintas jaringan sangat padat.

One thought on “JARINGAN KOMPUTER

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s