Linux Dalam Windows Tanpa Instalasi


Ingin mencoba sebuah distro Linux tetapi merasa malas untuk meninggalkan Windows? Ubuntu Hardy memang sudah mengemas Wubi yang memungkinkan Anda untuk menggunakan Ubuntu sebagai sebuah aplikasi dalam Windows, tetapi MobaLiveCD membawa konsep pemakaian ini selangkah lebih mudah lagi tanpa harus menginstal aplikasi apapun di Windows.

Berbasiskan komponen emulasi QEMU yang open source, Anda hanya perlu mengunduh sebuah file exe dari MobaLiveCD yang berukuran 1,4MB dan memilih sebuah distro Linux dalam bentuk ISO yang ingin Anda gunakan tanpa perlu melakukan restart. Apabila Anda ingin mencoba beberapa distro Linux dengan cepat, Anda juga dapat menginstal MobaLiveCD untuk menambahkan opsi memulai LiveCD dari context menu.

Karena menggunakan teknologi emulasi yang berarti Anda mengoperasikan sebuah sistem operasi dalam sistem operasi lain, dari segi kecepatan penggunaan Linux dengan cara ini tidak maksimum, tetapi merupakan cara yang termudah dan nyaman untuk memamerkan, sekedar memeriksa hasil unduhan atau mencoba banyak distro Linux dengan cepat tanpa perlu instalasi atau reboot. (via Lifehacker)

Produk lain dari Mobatek yang juga patut dicoba adalah MobaSSH yang memungkinkan Anda untuk menjalankan sebuah server SSH di Windows hanya dengan satu klik saja.

Kedua aplikasi ini dapat dipakai secara gratis.

2 thoughts on “Linux Dalam Windows Tanpa Instalasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s