Seseorang yang dewasa itu seperti apa ya?


Zaman sekarang orang lebih berteman atau mempunyai hubungan dengan orang yang dari fisiknya sempurna dan hartanya yang melimpah. Kalau juga ada yang fisiknya kurang tapi hartanya mendukung masih ada toleransilah. Nah bagaimana dengan orang yang sudah kurang dari sisi fisik dan harta??

Mungkin inner beauty yang bisa diandalkan. Inner beauty saat kita berbicara, bersikap. Ini adalah modal yang besar bagi orang yang serba kurang. Orang-orang tidak akan mudah percaya pada orang lain, namun dengan pertama kali bertemu dan dengan perkataan pertama saat kita bicara dengan orang lain adalah kunci untuk mendapatkan kepercayaan tersebut. Seperti saat kita sedang tidak dalam mood yang baik, kita sebisa mungkin berbicara dengan orang lain dengan baik, jangan asal bicara (nyeletuk , basa sunda mah) karena bisa membuat orang lain illfill dan malas untuk meneruskan pembicaraan saat berbicara langsung, menelepon atau chatting. Dengan berfikir segala sesuatu secara berulang-ulang untuk menghindari hal yang diinginkan mungkin itu adalah salah satu ciri kedewasaan seseorang.

Orang yang dewasa sangat disukai oleh banyak orang. Mungkin ini ciri-ciri orang yang berfikir dewasa versi penulis :

a. Difikir berulang-ulang saat hendak melakukan atau berbicara sesuatu pada orang lain.

b. Dapat menerima kritik atau salah faham orang tanpa memperbesar-besarkannya, dan membuat hal terserbut menjadi ilmu untuk mengasah kita lebih baik.

c. Memandang jauh kedepan, umpamanya dengan sabar menanggung kesusahan demi kepentingan masa depan, tanpa merasa resah, bimbang dan ragu.Berakit-rakit dahulu berenang-renang kemudian.

d. Mengaku dengan jujur tidak tahu bila anda betul-betul tidak tahu, tanpa merasa malu.

e. Tidak mengatakan tidak bisa jika belum dicoba dan diusahakan.

f. Saat  dalam kesusahan dia melihat kebawah. Contoh : sedih karena kita tidak punya sepeda motor, tapi lihat anak jalanan, mungkin dia tidak menemukan makan tiap harinya.

g. Saat dalam kebaikan dia melihat ke atas. Contoh : hari ini kita bisa menghapal satu surat, tapi orang lain bisa menghapal satu juz.

h. Dapat mewujudkan rasa kasih-sayang, cinta atau bersahabat tanpa mendapat tempat yang utama dalam hidup mereka. Terkadang melihat orang lain berbahagia dan tersenyum bisa membuat kita ikut bahagia.

i. Dapat membayangkan kita sebagai orang lain dalam kesusahan agar kita bisa mensyukuri semua yang kita peroleh. Seperti membayangkan jika kita orang yang yatim piatu dan merasakan bagaimana sepi dunia tanpa orang tua, maka dengan ini kita bisa lebih menghormati orang tua kita.

j. Berbuat bijak, untuk hal dunia dan bekal kita di akhirat. Jangan terlalu mementingkan duniawi saja.

Mungkin itu sebagian sifat orang yang dapat berfikir dewasa. Semoga bermanfaat dan maaf jika masih ada kekurangan. Sangat diminta kritik dan sarannya.

Kesempurnaan hanya milik Allah dan kekurangan nya adalah milik mahluk-Nya.

2 thoughts on “Seseorang yang dewasa itu seperti apa ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s