Tugas RPL – Network Monitoring Web Base


Dalam kegiatan monitoring jaringan internet di suatu instansi / perusahaan perlu adanya fasilitas untuk  selalu menampilkan informasi yang tepat dan realtime. Fasilitas ini akan sangat membantu jika ada masalah pada jaringan internet yang kita kelola, dengan informasi yang disampaikan cepat dan realtime, kita bisa mengetahui masalah ada dimana dan perangkat apa, Jadi penanggulangan masalah bisa lebih cepat dan downtime akan lebih rendah.

Ide saya ingin membuat aplikasi yang dapat memberi informasi dari perangkat jaringan dengan output informasi yang mudah dimengerti seperti diagram jaringan yang menampilkan perngkat, jika perangkat reply / menyala maka di output berwarna hijau dan jika RTO / mati maka akan berwarna merah . Bisa menggunakan perintah ping/nmap untuk mengecek terus menerus perangkat tersebut.

Program ini juga dilengkapi informasi peta untuk memudahkan pencarian perangkat. Jika di output perangkat A mati, kita bisa klik diatas perangkat A dan akan me-redirect ke halaman yang berisi informasi peta dan detail perangkat tersebut. Informasi yang jelas ini akan memudahkan troubleshoot saat ada masalah.

Untuk memudahkan step by step dalam trouble shoot, program ini ditambah dengan knowledge database yang berisi howto jika terjadi permasalahan.

Dan digunakan dalam versi web base menggunakan PHP  karena performa web dengan PHP sangat cepat dan ringan.

Sekian penjelasan singkat tentang ide yang ada dipikiran saya dan yang dapat dituangkan.

Terima kasih banyak .

 

Nama : Mochamad Ryan Ridwan

Kelas  : MIF W43/12

NIM   : 1240787

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s